Cara Merawat Komputer Dengan Benar Agar Tidak Cepat Rusak

Cara Merawat Komputer Dengan Benar Agar Tidak Cepat Rusak
Cara Merawat Komputer Dengan Benar Agar Tidak Cepat Rusak – Selamat datang kembali sama admin, pada kesempatan kali ini saya akan membagikan beberapa cara agar komputer awet dengan cara membersihkan dan merawatnya.

Penggunaan komputer dalam mengelola data dan menjalankan sistem sistem internet memang sangat di andalkan.  Apalagi jika di lihat dari ketahanan fisik dan kapasitasnya cenderung lebih baik daripada notebook ataupun laptop.

Meskipun begitu tetap saja jika Anda ingin komputer bisa awet ketahanannya dan dapat di gunakan beberapa masa yang akan datang tentunya haruslah di rawat dan juga di bersihkan agar tidak kotor dan tidak ada kotoran yang masuk kedalam CPU nya.

Cara Merawat Komputer Dengan Mudah Agar Awet

1. Selalu hindari komputer dari hal yang berdampak buruk
Komputer adalah alat yang mudah sekali terkena rentan beberapa penyakit ataupun hal negatif jika tidak kita perhatikan dalamnya ataupun keadaan fisiknya. Hal yang dimaksud ini adalah sebagai berikut:
Jangan lupa untuk selalu tempatkan komputer di dalam ruangan yang tidak terpapar langsung oleh sinar matahari karena itu berbahaya bagi kesehatan fisiknya. Akan lebih baik jika Komputernya di letakkan di ruangan dekat ac agar komputer terasa dingin selalu
Jangan menaruh minuman atau cairan berbentuk apapun di dekat komputer apalagi menaruhnya di atas CPU karena bisa berdampak buruk kepadanya apalagi jika cairan tersebut tumpah dan mengenai dalamnya bisa fatal akibatnya.
Rapihkan kabel kabel yang beratakan pada komputer, Anda tentu saja menaruh kabel komputer sembarang sepertihalnya saya, jangan lupa untuk merapihkannya agar tidak putus ataupun tersandung.

2. Memakai Software Anti Virus Untuk Melindungi Data
Virus terhadap komputer tentunya masalah serius sejak dulu, apalagi jika Anda tidak memasang software anti virus pada komputer Anda, bisa saja di masukkan virus dari beberapa file ataupun software yang Anda gunakan saat ini

Kegunaan antivirus tentunya penting terhadap komputer kita guna untuk melindungi marabahaya dari serangan virus yang dapat menghilangkan semua data kita bahkan lebih parahnya merusak komputer kita.

Seperti pada kasus virus trojan, ransomwere ataupun virus lainnya ketika ada di komputer kita memiliki dampak negatif bagi komputer.

3. Mematikan komputer dengan baik dan benar
Mematikan komputer dengan ngasal seperti langsung mencabut kabelnya ketika menyala tentunya membuat komputer memiliki daya tahan yang tidak lama jika komputer tersebut lebih ngasal cara matiinnya, akan lebih baik jika terstruktur.

Meskipun hal ini kedengeran sepela komputer beda halnya dengan alat elektronik lainnya seperti TV ataupun radio yang hanya tinggal tekan power off dan on untuk mematikan menyalakannya.

Mematikan komputer dengan cara sembarangan tentunya tidak baik, meskipun Anda sedang terburu buru jangan lupa selalu untuk sempatkan klik shutdown untuk mematikannya jangan langsung di cabut kabelnya ataupun mematikan dengan cara sembarang lainnya.

4. Selalu Bersihkan Hardware Komputer Secara Teratur
Agar komputer Anda bisa bertahan lebih lama jangan lupa untuk selalu membersihkan Hardware saja karena dalam kurang waktu 3 bulan debu debu yang menempel bisa menumpuk di dalamnya jika pendingin atau kipas Anda kurang atau kurang memaksimalkan kinerjanya.

Tahukah Anda? Beberapa informasi yang telah di kemukakan bahwa komputer yang jarang di bersihkan sampai kurung waktu 3 bulan lebih dan debu, kotoran tersebut menempel sangat banyak pada bagian hardwarenya maka akan mempercepat matinya komputer dan membuat komputer jauh lebih panas jika di gunakan dan tentunya akan terasa lemot sekali.

5. Gunakan Perangkat Lunak & Software Originial
Ada beberapa kasus juga yang telah terjadi bahwa banyak orang yang menggunakan perangkat lunak hasil crack ataupun software software yang tidak original tersebut di titipkan virus, malware, trojan di dalamnya.

Maka minimal Anda harus berhati hati dalam mengunduh software atau perangkat lunak yang hasil crack ataupun gratisan karna bisa saja membahayakan bagi komputer Anda, akan lebih baik jika Anda membeli lisensi originalnya.

Demikian tentang cara merawat komputer dengan benar agar lebih awet semoga informasi yang saya berikan bisa bermanfaat untuk Anda semua, Terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel